Xiaomi Mi A1 Harga Terbaru dan Spesifikasi

Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1 yang memiliki keunggulan di sektor kamera dan spesifikasi mumpuni dijual pada kisaran harga Rp 2.8 juta. Semakin banyaknya produk baru di tahun 2018 tidak membuat Hp Xiaomi ini tersingkirkan dari bursa persaingan.

Xiaomi Mi A1 resmi masuk ke pasar Indonesia pada September 2017 dan menjadi smartphone Xiaomi pertama yang menjalankan sistem operasi murni stock android (Android One) karena memang perangkat ini adalah hasil kerjasama dengan Google.

Harga dan Spesifikasi Xiaomi Mi A1

Harga Rp 2.8 juta
Rilis September 2017
Platform
Chipset Qualcomm Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4GB
Storage 64GB (microSD 128GB)
OS Android 7.1.2 (Nougat), upgradable to Android 8.0 (Oreo); Android One
Bodi
Dimensi 155.4 x 75.8 x 7.3 mm
Berat 165 gram
Layar IPS 5.5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
Proteksi Corning Gorilla Glass 3
Baterai Li-ion 3.080 mAh
Warna Black, Gold, Rose Gold, Red
Kamera
Depan 5MP
Belakang Dual kamera 12MP + 12MP, PDAF, 2x optical zoom, dual-LED flash
Video 2160p 30fps, 720p 120fps
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Konektivitas
SIM Dual-SIM (Nano + Nano)
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Dukungan 4G LTE
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
GPS A-GPS, GLONASS, BDS
NFC No
Port jack audio 3.5 mm
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Lainnya
Radio FM radio
Teknologi Fast charging 5V/2A
Sensor Fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass
Cek juga Harga Hp Xiaomi Terbaru

Spesifikasi siap tempur

Tidak mengherankan apabila smartphone ini melenggang begitu percaya diri kepasaran. Pasalnya spesifikasi Xiaomi Mi A1 selain diperkuat prosesor Snapdragon 625 yang begitu populer, kapasitas RAM 4GB dan GPU Adreno 506 akan semakin mendongkrak performanya.

Internal storage Xiaomi Mi A1 juga lapang yaitu 64GB, namun pengguna masih dapat memanfaatkan satu slot untuk microSD card apabila ingin menggunakan penyimpanan eksternal hingga 128GB. Namun harus mengorbankan satu dari SIM card karena masih menggadopsi slot Hybrid.

Bodi solid dan ergonomis

Xiaomi Mi A1

Desain dan tampilan Xiaomi Mi A1 terasa jauh lebih segar dan ergonomis berkat keempat sudut yang membulat. Begitu juga dengan sisi-sisinya didesain lebih melengkung sehingga terasa pas dan nyaman pada saat digenggam. Xiaomi meracik smartphone ini dengan material full metal.

Berdimensi 155.4 x 75.8 x 7.3 mm, smartphone yang menjalankan Android 7.1.2 (upgradable to Android 8.0) ini memiliki berat 165 gram. Bagi yang berminat untuk meminang harga Xiaomi Mi A1, tersedia empat pilihan warna yang membalut bodinya yaitu Red, Black, Gold, dan Rose Gold.

Dual kamera 12MP + 12MP

Xiaomi Mi A1

Selain spesifikasi nan mumpuni, sektor kamera juga menjadi andalan Xiaomi Mi A1 untuk bersaing di bursa smartphone kamera. Tidak hanya satu, tetapi Xiaomi membekali Mi A1 dengan konfigurasi dual-camera 12MP + 12MP di bagian belakang sehingga mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh nan ciamik.

Sementara di bagian depan Xiaomi Mi A1, bisa ditemukan kamera 5MP dengan dukungan fitur Beauty 3.0 dan smart filter untuk menghasilkan foto selfie nan memukau. Anda hobi fotografi dan doyan selfie? Sepertinya Mi A1 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Layar 5.5 inci Full HD

Xiaomi Mi A1

Masih mengusung konsep smartphone layar luas, Xiaomi Mi A1 datang dengan panel berdiagonal 5.5 inci berteknologi IPS LCD resolusi Full HD alias 1080p. Ukuran bezel di sisi kanan dan kiri yang dipangkas semakin tipis, membuat layar Mi A1 terlihat semakin lega.

Belum cukup dengan resolusi tinggi saja, layar Xiaomi Mi A1 juga telah dilapisi kaca lengkung 2.5D Corning Gorilla Glass 3. Selain mempercantik tampilan layar, lapisan juga berfungsi untuk melindungi layar dari kerusakan seperti goresan atau baret.

Android One pertama Xiaomi

Xiaomi Mi A1

Mi A1 menjadi smartphone pertama Xiaomi tanpa interface MIUI dan murni menjalankan stock android, karena memang perangkat ini kolaborasi Xiaomi dengan Google. Kelebihannya, Mi A1 akan mendapatkan (prioritas) setiap update terbaru dari android selama dua tahun kedepan.

Dengan seperangkat hardware canggih yang dibawanya, maka sebagai penyuplai tenaga Xiaomi Mi A1 telah dibekali dengan baterai berdaya cukup besar yaitu 3.080 mAh. Untuk pengisian ulang baterai bisa lebih cepat karena telah didukung dengan teknologi fast charging menggunakan adapter 5V/2A.

Sensor fingerprint di belakang

Xiaomi Mi A1

Satu hal lagi yang semakin melengkapi sekaligus menjadi nilai jual Xiaomi Mi A1 adalah panel sidik jari. Dan sensor dengan desain bulat tersebut ditempatkan oleh Xiaomi di bodi bagian belakang. Selain untuk membuka layar smartphone, sensor juga menjalankan beberapa aplikasi pada smartphone.

Harga Xiaomi Mi A1

Menjadi salah satu smartphone paling banyak diburu sejak peluncurannya 2017 hingga memasuki 2018, kini harga Xiaomi Mi A1 dipasaran berkisar Rp 2.7 hingga Rp 2.8 juta. Apabila dicarikan lawan sepadan saat ini sepertinya akan bergesekan keras dengan ASUS ZenFone Max Plus M1 yang baru saja diluncurkan di Indonesia pada Maret 2018.